Aneh tapi nyata namun ini
benar terjadi. Iklan jalan di pelbagai negara menyebabkan kecelakaan lalu
lintas. Promosi dalam banyak bentuk seperti papan besar (billboard) atau
manekin bisa membuat perhatian pengendara teralih dan akhirnya tak
berkonsentrasi pada kondisi jalanan. Akhirnya mereka pun menabrak satu sama
lain.
Menurut penelitian
dilansir oleh situs ksmmedia.com di Amerika Serikat pada 2009 terjadi 18.000
kecelakaan sepanjang tahun dan sekitar empat persen penyebabnya yakni
pengendara yang sejenak melihat iklan lalu hilang fokus. Seperti yang dikutip dari merdeka.com
Dilansir dari surat kabar
the Daily Mail, berikut ada empat iklan bikin pengendara kecelakaan. Iklan apa
saja? Berikut ulasannya
1. Iklan payudara di Rusia
sebabkan 517 kecelakaan sehari
Gara-gara sebuah iklan
dipajang di bagian sisi truk melintasi Ibu Kota Moskow, Rusia, sekitar 517
pengendara mengalami kecelakaan. Promo itu memperlihatkan buah dada dan
tertulis "Menariknya Payudara" menutupi bagian puting.
Sekitar 30 truk juga
sengaja diparkir sopir di tempat-tempat strategis agar semua orang bisa
melihat. Banyak pengendara mengaku khilaf. Bisa jadi penyebabnya gambar iklan
terlalu seksi dan mengundang syahwat itu.
2. Iklan dengan manekin
seksi sebabkan delapan kecelakaan di Amerika
Jika di Rusia iklan di
truk bikin runyam, di Amerika Serikat tepatnya di Kota Oklahoma sekitar delapan
orang mengalami kecelakaan gara-gara melihat promo sebuah toko pakaian dalam
dan mainan seks dengan menggunakan manekin super seksi.
Kejadian Juni ini memakan
korban sekitar delapan orang menabrak pengendara lain. Meski tak ada korban
jiwa, namun iklan dengan manekin itu berhasil membuat banyak pengguna jalan
mengalihkan konsentrasi mereka saat mengemudi.
3. Iklan seronok di Amerika
bikin kecelakaan massal
Iklan lain dipajang di
papan jalan yakni sebuah koleksi kutang keluaran Wonderbra pada 1994.
Menampilkan model Eva Herzigova dengan beha dan celana dalam berwarna hitam dan
menjadi promo paling diingat sepanjang zaman.
Tidak dilaporkan berapa
banyak kendaraan saling tabrak lantaran melihat keseksian Eva. Meski tak ada
korban jiwa namun iklan ini menjadi promo pertama yang akhirnya membuat banyak
pihak meneliti akan hubungan kecelakaan dan iklan.
4. Iklan semrawut bikin
jalanan kusut
Lain lagi dengan yang
terjadi di Ibu Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Salah satu negara Timur Tengah
cukup makmur itu sudah membenahi pusat negeri dengan pelbagai modernitas. Tiap
jalan ada gedung bertingkat yang dipajang pelbagai iklan bahkan papan bisa
memuat beberapa promo dalam sehari.
Gara-gara ini setidaknya
sekitar 10-20 kasus tabrakan terjadi di Abu Dhabi dalam sehari. Iklan dengan
billboard yang menggunakan lampu warna warni sistem canggih terkadang
menyilaukan mata dan merusak pandangan pengemudi tengah berkonsentrasi melihat
rambu lalu lintas. Paling sering saat lampu jalan terhalang silaunya papan
promo tersebut.
Posting Komentar